Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6: 33)

Senin, 21 Februari 2011

Tips Kuliner: CARA MEMBUAT BOLA-BOLA COKELAT (BOBOCOL)

Beberapa minggu lalu, menjelang ibadah perayaan Natal PMK gue, setiap angkatan diminta untuk dapat memberikan sebuah persembahan kuliner untuk Perjamuan Kasih. Nanti bakal dipilih pemenangnya. Angkatan gue, angkatan 2008, langsung aja kepikiran buat bikin bobocol alias bola-bola cokelat. Gue sih nggak tahu itu apaan dan bagaimana cara membuatnya. Tapi, demi kontribusi angkatan, gue pun ikut dalam proses membuat bobocol itu.

Baik. Pertama-tama, siapkan dulu semua bahan dan peralatannya. Sediakan biskuit regal (atau sejenisnya), margarin, susu kental manis cokelat, kismis alias meses. Jangan lupa ulekannya dan wadah untuk menampung adonan.

Langkah pertama adalah langkah yang paling menguras tenaga, Kita harus menghancurkan kue-kue regal itu sampai benar-benar halus dan menjadi serbuk. Kemarin sih kita melakukannya dengan menumbuknya pake ulekan itu. Kalau udah, campurkan bubuk kue regal itu dengan margarin dan susu kental manis sampai menjadi sebuah adonan. Nah, kalau udah jadi adonan, dengan warna cokelat yang merata, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil (segede bola bekel-lah). Pakai tangan bisa kok. Terus, masukkan bola-bola itu pada mangkok yang sudah diisi meses / kismis cokelat. Bola-bola kecilnya dibolak-balik, agar meses dapat melekat sempurna pada bola-bola kecilnya.

Voilaaa!!! Bola-bola cokelat yang lezat siap dinikmati. Tempatkan saja di atas piring, ditata sedemikian rupa biar bagus. Bisa ditambah irisan cherry atau stroberi biar lebih indak lagi. This is it! Bola-bola cokelat cenat-cenut ala Chef Nugie.

Hahaha, semoga bermanfaat. Tuhan memberkati :)

1 komentar: