Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6: 33)

Rabu, 09 Februari 2011

POLA BOYBAND KOREA

Setelah kira-kira menjadi fans dadakan boyband Korea (nggak salah lagi, ikut kebawa arus mode), saya mulai melihat ada sebuah pola / pattern dari sebuah boyband Korea.

Sejauh ini, saya fokus dengan ketiga boyband, yaitu Super Junior / Suju, Shinee, dan TVXQ / DBSK. Jadi, dalam sebuah boyband Korea, ada beberapa peran bagi setiap anggotanya, yakni leader / ketua, lead-singer, lead-dancer, rapper, dan main singer. Untuk leader, biasanya adalah personel yang paling tua. Yah, dengan ketuaannya itu, diharapkan dialah yang paling dewasa dan bijaksana. Contohnya, leader Suju adalah Leeteuk, leader Shinee adalah Onew, dan leader TVXQ / DBSK adalah U-know.
Untuk lead singer, Suju punya Siwon, Shinee punya Jonghyun, dan TVXQ / DBSK (dulu, sebelum pecah jadi dua grup) punya Xiah.
Untuk lead-dancer, tentu saja dipilih yang paling jago nge-dance. Suju punya Eunhyuk, Shinee punya Taemin, dan TVXQ / DBSK punya U-know.
Untuk rapper, Suju punya Eunhyuk, Kibum, dan Shindong (Heechul juga kadang-kadang ngerap). Shinee punya Minho (kadang-kadang dibantu Key), dan TVXQ / DBSK punya Micky dan U-know.
Sisanya, tentu saja menjadi main singer. Seperti Ryeowook, Kyuhyun, Donghae, Han Geng, Sungmin, dan Yesung (Suju). Tapi ada juga yang merangkap. U-know, merangkap leader-lead dancer-rapper. Eunhyuk, merangkap lead dancer-rapper. Taemin merangkap lead dancer-main singer.

Yah, kira-kira begitulah hasil pengamatan saya sejauh ini. Saya belum begitu mengenal boyband lain seperti Beast atau Ukiss. Semoga menghibur dan bermanfaat :)

Super Junior: Hangeng-Leeteuk-Siwon-Kyuhyun (bawah), Heechul-Sungmin-Kibum (tengah), Ryeowook-Eunhyuk-Kangin-Donghae-Yesung-Shindong (atas)

Shinee: Onew-Taemin-Jonghyun-Minho-Key                                                                                                                         

5 komentar:

  1. kreeeennnnnnnnnn bgt ,,,,
    >_< .. i love u

    BalasHapus
  2. hemmmmm....
    T.O.P. bangetttt................

    BalasHapus
  3. Sekarang gw udah kenal hampir semua boyband papan atas. Ternyata untuk grup-grup bentukan JYP Ent seperti Big Bang dan 2NE1, yg menjadi leader bukanlah yg tertua. Bisa dikatakan, yg paling berbakat. Bisa dilihatlah seperti apa G-Dragon dan CL.

    Oh iya, posisi Siwon ternyata bukan sebagai Lead-Singer, tapi front-person alias garda depan. Itu karena dia paling ganteng da charming. Lead-singernya itu Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung.

    Silakan silakan kalau ada yg mau ditanyain. Misalnya di UKISS pembagian posisinya gimana? soalnya sekarang fandom utama gw adalah KISSME hahaha. HIDUP UKISS!!! ^^

    BalasHapus
  4. bisa ajarin nge dance ga gan ?? hehehehe

    aku lg nyari guru buat nge dance ?? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru nge-dance? gw emang cover-dancer sih, tp skill dance gw juga belum expert. Emang mau diajarin gimana, Gan?

      Hapus