Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6: 33)

Rabu, 09 Februari 2011

SUPER JUNIOR DAN SHINEE

Super Junior dan Shinee. Yep. Itulah dua boyband Korea yang saat ini lagi beken-bekennya, setidaknya begitulah pengamatan saya.
Super Junior, atau yang biasa disebut Suju saja, dibentuk tahun 2005 di bawah naungan SM Entertainment Korea. Saat itu namanya masih Super Junior 05 dan beranggotakan Leeteuk (leader), Siwon (lead-singer), Han Geng, Ryeowook, Donghae, Sungmin, Yesung, Eunhyuk (lead dancer), Kibum (rapper), Shindong, Heechul, dan Kangin. Kemudian, anggotanya bertambah satu, yaitu Kyuhyun. Sehingga total anggota Super Junior adalah 13 orang (walaupun saat ini, Hangeng sudah keluar dari SM Entertainment, Kibum lagi sibuk dengan perjuangannya menjadi seorang aktor, dan Kangin yang lagi wajib militer)

Sementara itu, Shinee dibentuk tiga tahun kemudian, yaitu pada tahun 2008. Shinee digawangi oleh Onew (leader), Jonghyun (lead-singer), Taemin (lead-dancer), Minho (rapper), dan Key. Sampai sejauh ini, kelima anggotanya masih cukup kompak dan adem ayem dengan pihak manajemennya.

Meski sama-sama berada di bawah manajemen yang sama, tentu saja ada perbedaan karakteristik di antara Suju dan Shinee.
Kita mulai dengan gaya dance mereka.
Dengan angota yang berjumlah 13 orang, membuat Suju dinobatkan sebagai boyband terbesar di dunia. Gaya nge-dance mereka bukanlah gaya dance yang kompleks dan susah, tapi gaya dance yang simpel, yang bagaimana caranya, dari gaya yang simpel itu tetap dapat terlihat menarik. Itu karena Suju memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam membuat semua anggotanya kompak nge-dance. Tapi meski simpel, bukan berarti mudah. Coba deh, ada yang bisa melakukan dance Bonamana pas bagian Eunhyuk-Donghae-Kyuhyun-Shindong dengan benar seperti yang ditampilkan? :D

Shinee, karena cuma 5 orang, mereka lebih berkesempatan untuk menampilkan gaya dance yang lebih kompleks dan ribet. Lihat saja di MV-nya Lucifer. Beuh, susah banget dihafalkan kalau hanya dengan melihat MV-nya. Dilakukan, apa lagi.

Sekarang kita beralih dengan genre musik mereka.
Sebenarnya, di awal-awal perkembangannya dulu, Suju ini masih agak labil dalam menentukan genre mereka. Kadang lagunya R & B, kadang pop, bahkan sampai rock juga pernah (lagu Don't Don, Knock Out, dan You). Tapi sekarang, seiring dengan tren jaman, Suju akhirnya memilih genre R & B.
Shinee juga begitu, sama-sama memilih genre R & B.

Bagaimana dengan penjatahan lagu?
Nah, ini yang berbeda. Di dalam Shinee, setiap anggotanya mendapatkan jatah nyanyi yang adil. Jatah diekspos di kamera dan jatah nge-dance di posisi paling depan juga adil. Semuanya adil deh.
Suju tidak begitu. Ada beberapa member yang hanya sedikit mendapatkan jatah nyanyi, bahkan tidak sama sekali, seperti Shindong. Jatah diekspos kamera juga tidak sama, contohnya di klip Miracle, di situ Yesung jarang banget diekspos. Memang sih jumlah anggotanya jauh lebih banyak, 13 orang bo'. Tapi saya pikir itu bukan alasan untuk terus menganaktirikan beberapa anggota.

Terus, kalau ditanya suka mana antara Super Junior dan Shinee. Yah, saya tidak bisa memutuskan. Dua-duanya favorit saya, dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lagu-lagu Shinee lebih asyik buat ajojingan, tapi lagunya Suju juga easy-listening. Dance-nya Shinee asyik buat ditonton, dance-nya Suju enak buat diikutin.
Jadi, itu saja ulasan dari saya saat ini. Komentarnya dong. Semoga bermanfaat dan menghibur :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar