Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6: 33)

Senin, 08 Oktober 2012

ALTERNATIF MURAH JATINANGOR-BANDUNG PP

Hai, all. Kali ini gue mau ngebahas soal moda transportasi alternatif buat bolak balik Jatinangor-Bandung yang relatif lebih hemat nih daripada naik Damri apalagi travel. Sebelumnya sori ya, gue bukannya mau bikin pendapatan damri atau travel berkurang. Gue cuma mau membantu temen2 mahasiswa UNPAD kampus Jatinangor, khususnya yang anak perantau jauh kayak gue :)

Sebelumnya gue cerita dulu nih. Belakangan ini gue jadi sering pulang-pergi Bandung-Jatinangor. Sebagai mahasiswa bangkotan, gue lagi cari-cari tambahan kegiatan biar gak ngurung diri di kamar terus ngerjain skripsi. Kalau sebelumnya gue cuma latihan cover-dance tiap Sabtu dan ibadah gereja di BTC tiap Minggu, sekarang kegiatan gue bertambah dengan pelayanan ngajar di daerah Pagarsih tiap Rabu-Kamis. Bahkan sebulan dua kali gue ada komsel di Paskal Hyper Square tiap Selasa. Idealnya gue mending tinggal di Bandung sih, tapi masalahnya gue harus tetep di Jatinangor buat ngerjain skripsi di perpustakaan dan bimbingan. Mungkin nanti kali ya kalo studi kepustakaan gue udah kelar dan gue tinggal penelitian komunitas di Bandung.

Nah, Paskal Hyper Square kan deket stasiun tuh. Jadi waktu itu gue lebih memilih naik KRD yang harganya cuma SERIBU PERAK dan jauh lebih cepet daripada naik damri yang rutenya muter-muter. Belum lagi harus ngangkot dan kejebak macet. Yah, emang sih di KRD itu kadang-kadang gue harus berdiri. Terus kebersihannya juga kurang. Tapi, buat orang yang doyan hemat kayak gue, plus cari cepet, ya semua kekurangan tadi gue abaikan lah. Lagipula perjalanan ke Stasiun Hall cepet kok, gak sampai sejam. Terus tinggal jalan kaki deh ke Paskal Hyper Square, tanpa perlu ngangkot dan kejebak macet.

Dari situ, gue ketagihan buat naik KRD lagi. Tarifnya itu berkisar antara Rp 1.000,00 sampai Rp 1.500,00. Dari Jatinangor, tinggal ngangkot sekali ke Stasiun Rancaekek naik angkot Sayang-Gedebage dengan tarif Rp 3.000,00. Atau kalau punya gopekan, kasih aja Rp 2.500,00 hihi. Nah, jadwal KRD-nya itu ada tiap SATU JAM SEKALI sampai jam setengah sepuluh. Nih gue kasih tahu rutenya:

Stasiun Rancaekek - Stasiun Cimekar - Stasiun Gedebage - Stasiun Kiaracondong - Stasiun Cikudapateuh (deket Jl. Jakarta, Jl. Sukabumi, Jl. Supratman, Jl. Laswi) - Stasiun Hall / Bandung (deket Jl. Pasir Kaliki, Paskal Hyper Square, Jl. Pajajaran, Istana Plaza, Jl. Braga, Jl. Wastukencana, Jl. Astana Anyar, Pasteur, BEC, dan sekitarnya) - Stasiun Ciroyom - Stasiun Cimindi
(sori gue gak tahu rute sebelum St. Rancaekek dan rute setelah Cimindi, tapi ini KRD berangkat dari St. Cicalengka sampai St. Padalarang)

Nah, angkot Sayang-Gedebage itu kan cuma beroperasi sampai jam 17.00. Jadi kalau temen-temen mau ke St. Rancaekek di atas jam 17.00, naik aja angkot Cileunyi-Majalaya dari Cileunyi. Stasiunnya ada di kiri jalan. Deket relnya. Oh ya, itu berhenti di pintu belakang stasiun. Jadi kalau temen-temen sampai di St. Rancaekek dan mau ke Jatinangor, jangan lupa keluarnya lewat pintu belakang.

Jadi, kalau mau jalan-jalan ke Bandung, coba dihitung-hitung dulu efektifnya naik apa? Damri, atau KRD? Gue sih sekarang kayaknya bakal naik KRD aja deh kalau mau ke Pagarsih atau BTC. Bahkan ke Jl. Siliwangi juga masih mending naik KRD. Ayo jalan-jalan di Bandung Kota, jangan di Jatinangor aja haha. Buat cerita keluarga di rumah, soalnya mereka kan ngertinya kita di Bandung -_______-

Kalau ada pertanyaan-pertanyaan bisa tanya aja ya. Misalnya: "Bang, kalau ke BIP enaknya naik apa?" atau "Bang, angkot ini ke sini tarifnya berapa?" Selama gue bisa jawab, pasti gue jawab (ya iyalah). Disuruh nganterin juga gak apa-apa hihi. Oke, mudah-mudahan bermanfaat. Tuhan memberkati :)


Catatan:
Kalau mau tanya atau kasih komentar, bisa ke Wordpress gue aja ya di sini: http://siranselhitam.wordpress.com/2014/05/15/alternatif-murah-jatinangor-bandung-pp/
(gue udah nggak aktif ngeblog di sini, biar lebih mudah dipantau)

33 komentar:

  1. kalo turun di stasiun bandung terus mau ke jatinangor naik kereta, turunnya di stasiun apa??

    BalasHapus
  2. kalo turun di stasiun bandung terus mau ke jatinangor naik kereta, turunnya di stasiun apa??

    BalasHapus
  3. Klo dri st.rancaekek mau ke landmark braga naek apa lagi? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naek kereta dulu ke stasiun Bandung, terus jalan kaki dikit deh.

      Hapus
  4. kaloq dari stasiun bandung mw ke jatinangor gmn?
    gak paham bca yg di atas..

    BalasHapus
  5. tinggal naik KRD ke rancaekek aja, turun di stasiun rancaekek terus ngangkot pake yang gedebage-majalaya 2.500.

    BalasHapus
  6. klau jam operasi nya dari jam brp sampai jam brp? ada yg sampai malem g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini yg juga gue kurang tau haha. Maap ._.v Cuma gue paling malem itu jam 7an. Belum pernah lebih malem lagi saya.

      Hapus
  7. bang saya mau ke unpad yang di jatinangor, klo dari stasiun bandung rutenya gimana?

    BalasHapus
  8. Alternatif angkutan dari Jatinangor-Terusan Buah Batu (PP) sama Jatinangor-RS Hasan Sadikin (PP) apa aja ya? Kereta/angkot/damri jg gpp, dan yg mana alternatif paling cepat/murah? Thanks before :)

    BalasHapus
  9. Alternatif angkutan Jatinangor-Terusan Buah Batu (PP) dan Jatinangor-RS Hasan Sadikin (PP) ada apa aja ya? Kereta/angkot/damri jg gpp. Yang mana alternatif paling cepat/murah? Thanks before :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo. Makasih ya udah mampir. Untuk rute Jatinangor-Buah Batu, bisa naik damri Dipati Ukur terus turun di simpang buah batu. Nanti bilang aja sama keneknya. Lanjut naik angkot.
      Untuk ke RSHS, paling murah naik damri Dipati Ukur. Turun di DU, lanjut naik Cicaheum-Ciroyom nanti turun persis di depan RSHS. Naik kereta, turun di St. Bandung terus naik St. Hall - Sarijadi, atau St. Hall - Gunung Batu, atau St. Hall - Lembang, turun di p4an Pasteur. Tinggal nyeberang.
      Kalo mau cepet, ya naik travel terus tinggal turun sebelum naik ke flyover Pasteur. Tapi kadang juga gak naik sih. Selamat berpetualang.

      Hapus
  10. bro saya mau ke IPDN jatinangor, klo turunya di stasiun kiaracondong rutenya gimana?

    BalasHapus
  11. ka kalo dari st.rncaekek ke landmark conventiin hall jl.braga itu gmna ? mnta arahannya donk. terus klo dari cileunyi ke landmark jl.braga naik apa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. St.Rancaekek ke Braga: naik KRD, turun di Stasiun Bandung. Jalan dikit, udah nyampe Braga Landmark.

      Cileunyi ke Braga: naik angkot ke St. Rancaekek, terus ikuti langkah di atas haha.

      Hapus
  12. Mas,, mau nanya kalo dari Kiaracondong mau ke Jatinangor. Rutenya gimana yah?? baru pertama kali nih, gak ngerti. makasih ya mas. gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik KRD arah Cicalengka, turun di Rancaekek. Keluar dari pintu belakang, lalu naik angkot Majalaya-Gedebage, nanti lewat Jatinangor.

      Hapus
    2. Mas mas nanya, itu yg lewat jatinangor unpad apa ipdn? Cz hbs nyari d maps ternyata unpad sm ipdn jauh ya hehehe
      Makasih sebelumnya.

      Hapus
    3. Dua-duanya. Unpad sama IPDN itu deket bingits! Mungkin yg kedetect di situ Unpad Dipati Ukur yg di Bandung Kota. Yg di situ cuma Hukum sama Ekonomi. Selebihnya di Jatinangor.

      Hapus
  13. mau tanya bos, KRD biasanya berangkat paling pagi jam berapa?

    BalasHapus
  14. mau tanya bos, KRD biasanya berangkat paling pagi jam berapa?

    BalasHapus
  15. bos mau tanya, kalau KRD dari rancaekek berangkat paling pagi jam brp menuju ke st. kiaracondong???
    dan berapa biayanya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah berangkat paginya kurang apal. Tapi tarif sekarang jauh dekat 1.500.

      Hapus
  16. bang kalo dari ipdn jatinangor mau ke stasiun hall naik kereta arahannya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal naik kereta dari Rancaekek ke arah Bandung, bro.

      Hapus
  17. Balasan
    1. Maaf salah pencet terus komentarnya kehapus. Naik Bandung Express via utara. Selengkapnya buka travelblog gue deh, siranselhitam.wordpress.com

      Hapus
    2. makasih yah mas Matius Teguh Nugroho..udah mau share Artikel ini . baca dari atas ampe bahwa udah agak ngertilahh..tinggal eksekusi aja..!! :) :)

      Hapus
  18. Mas, saya dr jogja. Mau ada ketemu sama org di Kantor Puslitbang Permukiman PU di daerah Jl Panyaungan CIleunyi Wetan, Kabupaten Bandung. Kira2 kalo dari jogja, saya turunnya di stasiun mana ya mas yang terdekat? dan lanjut perjalanan menuju puskim PU enaknya naik kendaraan umum apa ya?

    terimakasih. mohon petunjuknya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik kereta apa, mas? Kalau ekonomi, bisa turun di Stasiun Rancaekek aja, lanjut naik angkot Cileunyi-Majalengka arah Cileunyi dari pintu belakang,

      Hapus
  19. Bang, kalo mau ke RS Ebah Majalaya dari stasiun rancaekek naik apa ya? Dan sebaliknya.. Makasihh

    BalasHapus
  20. Ka kalo dari satraduta ke unpad jatinangor jauh ga ? Kira2 kalo pake motor berapa jam di jalan ?

    BalasHapus